Depresi dari Hongkong?

Jun 09, 2012 04:07



Ah judulnya gak menarik ya :D Jangan tutup dulu, mungkin kalo kamu baca seluruh isi entry ini, kamu nanti bakal…mual. Lol. Nggak lah. Mungkin aja temen, sodara, atau kamu sendiri pernah mengalami. So, simak aja deh ...kalo kamu bener-bener kurang kerjaan. Hehehe.

Kejadiannya udah sekitar semingguan berlalu. Tapi yah dasarnya saya yang lebay, rasanya tetep pengeeen nulisin di eljay. Mumpung udah lama gak eksis di eljay :D Dan saya masih inget detilnya loh #penting



Awalnya waktu makan siang di sebuah Sabtu. Saya makan dengan porsi normal saya, pake sayur dan lauk yang biasanya saya doyan. Biasanya saya selalu menghabiskan makanan yang saya ambil sendiri, dan cukup pinter untuk menghabiskan tanpa susah payah << kayak anak kecil aja, minta dibilang “pinter deh maemnya” :P tapi waktu itu, tinggal 3 atau 4 suapan terakhir, saya udah merasa capek. Bukan kenyang, tapi capek. Capek makan dan ngeri melihat sisa makanan yang harus saya habiskan. Dan kejadian itu berlanjut sampai beberapa hari kemudian (tepatnya 10 hari). Dan porsi yang sanggup saya makan tanpa susah payah (atau merasa capek) pun semakin sedikit. Porsi ‘ideal’ waktu itu adalah sebungkus nasi kucing, alias sekepal nasi putih dan 1-2 sendok sayur. Oh ya, dan harus makan nasi. Makan roti itu makin susah lagi buat dikunyah dan ditelan. Mie? Bah jangan tanya. Nyium bau mie aja eneg. Padahal saya suka mie lho. Soto juga. Tapi bau makanan-makanan yang enak dan saya suka itu terasa eneg dan menteror saya. Yang juga aneh adalah kalo saya melihat orang lain naruh nasi ke piring buat saya. Porsi yang dikasihin ke saya sebetulnya normal sih. Tapi melihat porsi segitu, saya jadi panic. Duh, gimana ngabisinnya? #mayday #mayday

Itu aneh buat seorang saya yang termasuk suka makan. Kalo saya males ke suatu tempat karena jauh, saya bisa melecut semangat diri kalo mengingat di deket tempat itu ada warung soto yang enak, misalnya. So, kalo saya sampe ogah makan, apalagi sampe seminggu lebih, tanpa gejala sakit (missal demam, tenggorokan sakit, dsb)… itu aneh kan?

Yang juga aneh, saya jadi suka ngeliatin orang lain (yang saya kenal) makan. Ngeliat doang tanpa ikut makan. Dan saya ogaaah banget mikirin dan milih makanan buat diri sendiri. Tapi saya masih mau ngeliat dan milih bermacam masakan di meja rumah makan…selama makanan itu buat orang lain. Dan saya enteng aja beliin makanan buat orang lain. Jadi baik hati deh waktu itu XDD

Mengingat segala keanehan itu, saya bertanya-tanya. Perilaku makan seperti itu wajar gak, sehat gak? Trus saya browsing. Katanya kalo nafsu makan hilang/turun sampe berhari-hari itu nggak baik. Salah satu yang membahas hal itu adalah detikhealth (http://health.detik.com/read/2012/03/05/090725/1857668/766/ini-dia-yang-bikin-nafsu-makan-berkurang)  Dari 7 sebab yang disebutin itu, gak ada yang cocok ama kondisi saya =_= So, saya browse lagi ke situs yang pake bahasa enggres. Kalo gak salah ada di sini nih http://health.nytimes.com/health/guides/symptoms/appetite-decreased/overview.html Trus saya telusuri satu-satu penyakit yang salah satu gejalanya adalah penurunan nafsu makan. Dari yang gangguan pencernaan, masalah hati, dsb. Tapi gak ada yang bisa njelasin kondisi saya. Lha mereka itu kan nafsu makannya turun karena ada gejala-gejala lain, seperti demam. Kalo saya kan murni nggak nafsu makan. Trus saya ‘nyerah’, nyari jawaban di penyakit psikis. Yang rada cocok ama kondisi saya ada 2, yaitu: depresi dan anorexia nervosa. Ngeeek.

Anorexia nervosa memang erat banget dengan penurunan (gila-gilaan) nafsu makan. Penderitanya memilih lapar daripada menelan makanan. Oke saya kadang begitu. Tuntutan perut gak selalu klop dengan minat mulut. Biasanya mulut pengen makan, perut gak butuh makan. Tapi di saat itu yang terjadi sebaliknya. Perut lapar minta makan, mulut dan hati (halah) nggak mau makan. Tapinya lagi, penderita anorexia itu kan suka ngukur kandungan kalori makanan dan menjauhi makanan yang berkalori tinggi, karena mereka terobsesi menjadi kurus. Saya kan enggak gitu. Peduli amat mau kurus ato gemuk, yang penting masih ada baju yang muat :)

Depresi, salah dua gejalanya adalah: hilang minat pada makanan dan hal-hal yang sebelumnya disukai. Oke, itu cocok dengan kondisi saya waktu itu. Saya memang jadi males melakukan apa-apa yang sebelumnya saya suka (missal, nonton film, menari, ngeraep gitar. Lol) Passion itu penting bagi saya, karena passion itu yang bikin saya masih mau hidup. Dan waktu itu, passion sempat hilang. Tapi itu karena saya lemes, dudul! Saya gak makan, trus lemes, trus ogah ngapa-ngapain selain tidur. Mimpi pun ogah. Jadi iya bener saya stress. Tapi stress-nya karena saya gak doyan makan. Bukan sebaliknya.

Jadi pada akhirnya saya gak menemukan alasan kenapa tiba-tiba nafsu makan saya merosot. Dan temen saya dengan entengnya menyimpulkan, “itu namanya kamu dipelet.”

#jedeeeeer!

PS:

Dipelet? Gak kebalik tuh? ;)

rl

Previous post Next post
Up