tak membeli airmata

Oct 28, 2010 04:24

saya nggak tahu mau nulis apa, mulai dari mana dan kenapa pakai judul itu. mungkin krn berita2 tivi yg dudul, semua dibikin drama dan menguras airmata. krn airmata adalah rating. ah, saya cuma mengutip komentar orang sih. saya jarang bgt nonton tivi.

hari ini, dgn duduk melototin facebook saja, saya udah dibikin emo lebay. bahkan kegantengan obyek fangirling saya pun lewat begitu saja di depan mata, tanpa mendapat liur menetes di keyboard atau sekedar kyaaakyaaaa~ seperti hari2 biasa.

sebetulnya sejak sebelum hari selasa itu sih. oke, bumi ini udah tua. dan kalopun belum tua, justru malah lebih heboh lagi bencananya. kemaren2, saya sering bingung dgn pertanyaan, "Merapi bakal meletus gak?", "Merapi batuk2 lagi nih, apa pendapatmu mbak?", "Mbah Marijan kok nggak bilang apa2, pertanda apa ini mbak?"
reaksi yg tepat utk itu adalah: "pertanyaanmu bagus, tp ditujukan ke orang yg salah. tahu apa saya soal geologi dan vulkanologi?" tapi saya tahu sih, orang2 yg nanya itu sebetulnya was-was sehingga ...itu tadi, mengajukan pertanyaan yg salah. seharusnya yg menjawab itu ya Merapi (dan Mbah Marijan) sendiri.

dan kemaren selasa, 26 Okt 2010, Merapi bener2 meletus. dan saya ketiduran. saya dibikin bingung dgn sms dan telpon yg nanya, "gimana keadaan jogja? kamu gak apa2 kan?". sampe saya disuruh nonton tivi oleh adik (yg nelpon saya). oh, saya paham.
ya, berita bencana memang seharusnya nggak polos. harus ditampilkan derajat kerusakan terparah supaya pihak lain mau mengulurkan bantuan. tapi yg bikin saya nggak ngeh, kenapa sampe penonton mengira seluruh jogja terkena hujan abu?
sedikit pelajaran geografi aja nih ttg jogja. provinsi DI Yogyakarta itu terdiri dr 5 daerah tingkat II. daerah yg kena semburan awan panas itu kabupaten Sleman, itu aja yg jauuuh di ujung utara sana, plus yg di baliknya yg merupakan bagian dr kota Magelang, provinsi Jawa Tengah. jadi yg kena abu vulkanik belum seperlima dr jogja, dan semoga nggak merembet ke mana2. AMIIIIN!

hari ini, errr...kemaren ding :D saya nongkrong ngetik kerjaan yg harusnya udah selesai sejak seminggu lalu (orz) sambil buka facebook. banyak yg layak dilahap. mulai dr kabar terbaru bencana Merapi dan Mentawai, sampe ulah penggede2 kita yg terlalu memalukan. saya cukup berterimakasih pd temen2 maya saya yg udah menyebutkan segala jenis satwa untuk menggambarkan kelakuan para penggede itu. saya sih cuma ngetik komentar plus gini: &^^%%^$%$#$@$@!!!
wah, berita 2 hari terakhir bener2 bikin penonton aktif. aktif menghujat, maksudnya. dr sekedar reporter yg mengajukan pertanyaan bodoh (dan kenapa hal ini sering terjadi? apa sih kriteria memilih reporter/koresponden daerah? nomer 1: penampilan menarik???) sampe anggota dewan yg terhormat yg malah nyalahin korban bencana. sekali lagi, makasih kawan2 dunia maya ... atas segala sumpah serapah yg kalo keluar dr jari saya nggak bakal seindah dr kalian. mungkin saya udah butuh belajar kata makian nih. kata makian favorit saya cuma binatang berkaki empat itu. kurang kreatif. -_-
masih dr nongkrongin fb.
selagi baca berita (heran deh, procrastinating saya hari ini kok malah bikin setres), saya kadang2 nemu notification di layar fb. setelah saya buka, isinya "are you okay?", "deep condolences for Indonesia tragedy", dan semacamnya. yeah, dr bapak2  fans Pink Floyd dan Yes itulah.
wow. apa artinya mereka mengira seluruh Indonesia kena bencana?
bek tu topik.
berita2 itu aja udah bikin mata saya rada tergenang (kali ini bener kok kalo pake istilah 'genangan' :p), ditambah pm dr bapak2 itu, plus berita ttg seleb dunia yg menyatakan prihatin dgn bencana di Indonesia. saya jadi emo berat deh semalem ini. (orang luar negeri aja pd prihatin kok malah anggota dewan yg terhormat pd studi banding ke yunani? buat belajar etika pula. etika ndhasmu &*%$%##%$%@#$!!!) ditambah lagi wkt saya baca komentar2 orang ttg Mbah Marijan yg memilih tetap di pos dan nggak mau turun, padahal sirene bahaya udah meraung2. beliau memilih sholat maghrib dulu. Merapi nggak mau nunggu. melayanglah nyawa beliau + orang2 yg memilih ikut + wartawan vivanews dan relawan yg nekad menjemput beliau. duh, nulis ini kembali aja udah bikin saya emo.
tapi ada aja orang yg salah mengerti.
dikiranya Mbah Marijan egois, nyari popularitas sampe mengorbankan nyawa orang lain, musibah dibikin sendiri kok orang lain dibawa2, dan ada yg menyangka beliau diperbudak tugasnya sampe nggak bisa memutuskan utk menyelamatkan diri.
saya yakin masalahnya nggak sesederhana itu. kalo anda melihat sosok abdi dalem (dalam hal ini keraton yogyakarta) dengan sungguh2, anda akan mengerti bahwa semua itu dilakukan tulus demi mengabdi pd keraton (bumi) yogyakarta. abdi dalem itu gajinya dikit, tp ngga pernah protes, dan selalu melaksanakan tugasnya dgn senang (meski kadang nyebelin jg krn lamaaaa :p). termasuk Mbah Marijan. dia memilih utk bertahan di pos pengabdiannya, bukan krn takut dimarahi bos (sultan). dan tentang nasib tragis relawan dan reporter yg nekad naik lagi utk menjemput beliau...
well, saya menghargai hak setiap manusia utk memilih mau mati dengan cara gimana. dan saya juga menghargai hak manusia utk menyelamatkan manusia lain. perasaan sang relawan dan reporter itu pasti nggak bakalan tenang kalo merasa masih bisa menyelamatkan orang yg dihormati tapi malah lari menyelamatkan diri. saya juga jadi susah nyalahin penduduk yg balik lagi ke desanya buat menyelamatkan hewan ternaknya. mungkin aja orang bakal bilang, "mbok udah to pak, pikirin nyawa sendiri. soal sapi itu gampang, nanti masih bisa beli lagi." tapi kemaren saya melihat foto rumah yg luluh lantak plus mayat sapi yg mungkin belum sempat dilepas dr kandangnya. kalo sempat, tuannya pasti bakal melepas si sapi. manusia bisa lari, naik motor atau numpang mobil ke barak pengungsian. tapi sapi yg diiket, mana bisa ke mana2?

oh buset dah. segala macem saya tangisi. orang2 yg nggak saya kenal, sampe sapi aja saya tangisi.
tapi paling2 yg bisa saya lakukan besok cuma nyumbang duit sedikiiiiiit. saya bener2 gak berguna kalo dihadapkan pd krisis. liat orang sakit malah bingung, liat korban luka2 jadi panik atau malah cuma nangis doang. bleh. nggak berguna.

rambling

Previous post Next post
Up