Sebelum Terlambat, MARI VOTING!

Jan 18, 2011 11:14

Saya tahu post pemberitahuan ini super duper telat, tetapi sebagai sesama author saya tergerak untuk mengingatkan. :D

Masa voting Indonesian Fanfiction Awards 2010 telah dibuka! Silahkan memilih karya-karya yang Anda anggap pantas dibanggakan!

Sebelum mulai voting, mari kita lihat dulu aturan mainnya.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan Polling IFA 2010:

1. Panitia sudah menghubungkan setiap nominasi yang masuk dengan link sesuai yang ada di daftar nominasi, sehingga Anda dapat MEMBACA/MELIHAT terlebih dahulu nominasi yang terpilih ke polling.

2. Anda hanya bisa melakukan SATU KALI vote untuk setiap kategori/sub-kategori. Account Anda akan otomatis tidak mengizinkan Anda memberi vote lebih dari satu kali untuk satu polling yang sama. Dengan begitu, suara yang masuk akan dapat dipertanggungjawabkan.

3. Sifat polling adalah ANONIM. Bahkan panitia sebagai pembuat polling tidak akan bisa melacak siapa memilih apa; sehingga kerahasiaan pilihan dapat dijamin.

4. Urutan polling yang ada di fasilitas poll adalah RANDOM. Jika Anda ingin melihat urutan berasarkan nilai (untuk Kategori Fanfiction) atau berdasarkan jumlah penominasi (untuk Kategori Author dan Favorit), Anda bisa melihatnya di post yang sudah dibuat panitia di bawah poll.

5. Perolehan suara TIDAK ditampilkan SEBELUM polling ditutup. Hal ini adalah untuk mencegah bias suara karena kecenderungan ketika sudah melihat perolehan suara sementara.

6. Polling ditutup pada 31 Januari 2011 pukul 24.00. Pengumuman resmi hasil polling IFA 2010 akan dilakukan paling lambat seminggu setelah polling ditutup. Pengumuman akan dilakukan di grup Facebook IFA 2010.

7. Semua topik di forum ini sifatnya CLOSED. Anda tidak bisa memberi reply untuk topik apapun di forum ini, karena forum ini dikhususkan untuk polling saja. Laporan maupun pertanyaan dapat diajukan kepada Panitia IFA 2010 melalui PM ke account FFN Indonesian Fanfiction Awards.

#
.
#

Petunjuk Teknis Polling IFA 2010

1. Log-in di FFN dengan account Anda terlebih dahulu, lalu masuklah ke Forum ini.

2. Anda akan melihat sederet panjang daftar polling yang di-post oleh Panitia di forum. Untuk memudahkan, Anda bisa melihat bagian "Forum Category" di bagian kanan atas daftar. Klik di sana dan Anda akan melihat beberapa kategori yang sudah dibuat panitia untuk memudahkan: Kategori Fanfiction, Kategori Author, Kategori Favorit, dan Kategori Spesial. Kategori tersebut sesuai dengan kategori yang ada di IFA 2010 dan dibuka polling-nya. Pilih salah satu dan Anda akan secara otomatis melihat daftar polling yang ada untuk kategori tersbut.

3. Klik salah satu judul topik, Anda akan melihat satu post berupa deskripsi sub-kategori tersebut, daftar nominasi yang di-polling-kan, dan poll yang ter-attach di post itu.

4. Vote untuk salah satu nominasi, dan Anda bisa mengulangi langkah di atas untuk kategori-kategori lainnya.

#
.
#

FAQ (Frequently Asked Question)

Ada thread/topic yang tidak bisa terbuka. "Topic doesn't exist". Bagaimana?

Semua thread/topic yang ada sudah dicek oleh panitia, dan ditegaskan bahwa semuanya BISA DIBUKA. Jika hal di atas terjadi, silahkan refresh page Anda, atau masuk dulu ke topik lain lalu kembali ke topik yang bersangkutan pada waktu yang berbeda. Sejujurnya hal semacam itu juga terjadi pada panitia saat kami melakukan edit polling. Maaf atas keterbatasan ini.

Apakah saya harus melakukan vote untuk SEMUA kategori?

Tidak. Anda bebas melakukan vote untuk kategori yang Anda inginkan saja. Anda bebas tidak memberi vote untuk kategori yang mungkin tidak bisa Anda putuskan. Namun kelemahannya, Anda tidak bisa melihat hasil perolehan suara (setelah polling ditutup) dari kategori yang tidak Anda vote. Akan tetapi, Anda boleh tidak mem-vote kategori yang tidak menarik bagi Anda.

Bagaimana saya tahu bahwa vote saya sudah masuk?

Parameter paling mudah bahwa Anda sudah melakukan vote dan vote Anda diterima, adalah bahwa Anda tidak bisa mem-vote untuk kategori tersebut.

Saya tidak menominasikan untuk IFA 2010, bolehkah saya ikut berpartisipasi dalam polling?

Tentu saja boleh. Polling ini terbuka untuk penikmat fanfiksi berbahasa Indonesia dimana pun, yang memiliki account resmi di FFN.

Saya menemukan kesalahan pencantuman dalam Polling IFA 2010. Kemana saya harus melapor?

Anda dapat melaporkan via PM kepada Panitia IFA 2010 di sini. Kesalahan pencantuman, link yang tidak bisa dibuka, dan hal teknis lainnya bisa dilaporkan. Bahkan kesalahan penulisan seperti kapitalisasi/typo pada pencantuman nama karya/author/fandom, dapat dilaporkan. Panitia akan membalas PM Anda jika kesalahan sudah diperbaiki.

Bagaimana saya melihat seluruh hasil penjurian/pengurutan untuk nominasi yang tidak masuk polling?

Anda dapat melihat hasil penjurian maupun hasil pengurutan berdasarkan jumlah penominasi di link yang sudah di-publish Panitia sebelumnya. Anda bisa melihatnya di link yang ada di profil account FFN Indonesian Fanfiction Awards.

#
.
#

Sekian petunjuk sederhana dari Panitia. Selamat memilih nominasi terbaik/terfavorit Anda dalam Indonesian Fanfiction Awards 2010!

Indonesian Fanfiction Awards: Majukan Fanfiksi Berbahasa Indonesia!

Nah, karena panitia sudah merangkum semuanya dengan baik, yang perlu kita lakukan sekarang adalah memastikan event tahunan ini berjalan sukses! Caranya tentu saja dengan memberi apresiasi yang layak didapatkan oleh fanfic/author yang berkualitas.

IFA 2010: VOTE DI SINI

fanfic, ifa

Previous post Next post
Up