Hepi bersdei, Ucup!

Jan 04, 2013 23:19



(maaf berantakan hore)

Ulang tahun adalah saat yang sangat dinanti-nantikan oleh seluruh anak, tak terkecuali Ucup. Bahkan, dari dua bulan sebelum ulang tahun pun Ucup sudah merayu-rayu minta kado sama the one and only, tidak lain dan tidak bukan, Babeh Dujun tercinta.

"Beh, nanti kalo Ucup ulang taun, kadoin yang itu ya, Beh," kata Ucup sambil menunjuk mainan mobil-mobilan di rak mainan koleksi terbaru saat Ucup dan keluarga sedang mengunjungi sebuah mall.

Babeh tertawa dengan nada meremehkan sambil menoyor pelan kepala Ucup. "Yaila, Cup... Cup. Masih sebulan lagi ulang taun lu, masih lama. Udah ngebet aje lu bocah,"

"Yah, Babeh... Beh, sekali-kali napa, Ucup dikadoin mainan asli. Masa dibeliinnya yang di pasar pagi yang hari Minggu itu mulu," Ucup ngomel-ngomel manyun.

"Heh, Cup, kalo Babeh punya pohon duit, kalo tiap hari ujan duit juga Babeh beliin dah maenan apaan aja masing-masing sekodi buat lu. Makanya, elu rajin sholat terus doain biar Babeh gampang rejeki, jangan molor mulu!"

Ucup pun terdiam. Mau ngedumel tapi gak berani, tapi kesel. Alhasil, mulai dari masih di mall sampe pulang ke rumah, Ucup terus memanyunkan mulutnya. Yoyon pun merasa kasihan.

"Bang, lu jangan tega-tega amat napa ama anak ndiri. Abang tuh ye, beli rokok rajin, ngopi di warteg rajin, tapi beliin anak maenan aja susah bener. Mending tuh duit rokok ditabung terus dipake buat ngerayain ulang taunnya si Ucup ntar," Yoyon nyerocos panjang lebar.

"Ya, Insaolo dah― Aduh! Yon! Napa dah gua dicubit!"

"Elu ngomong yang bener, Bang. Insaolo insaolo, Insya Allah! Dosa lu, Bang, pantes kita gak kaya-kaya!"

"Astagfirullah... Iya iya ampun...." ujar Dujun sambil mengusap-ngusap tangannya yang tadi dicubit.

Membuang kebiasaan merokok memang sangat susah, tapi Dujun selalu berusaha. Kalo tadinya dia sehari beli satu bungkus, sekarang ia membeli batangan. Ini semua demi merayakan ulang tahun sang anak semata wayang. Setelah usahanya membuahkan hasil yang berarti, Dujun pun berkonsultasi lagi ke istri tercinta.

"Yon, anak-anak kampung sini biasanya kalo ngerayain ulang taun gimana, Yon?"

"Ya beda-beda sih, Bang. Tapi, Bang, seinget Yoyon sih waktu itu Ucup paling seneng setelah pulang dari ulang taunnya si Mimin, Mimin yang cucunya Koh Sunggyu itu,"

"Mimin dirayainnya dimana emang waktu itu?"

"Di KFC, Bang,"

Dujun menelan ludahnya. Begini nih kalo temenan ama cucunya juragan, batinnya. Untungnya, penghasilan dari usaha warteg Mpok Yoyon juga sedang meningkat dari biasanya. Kalo dihitung-hitung dan digabung, uang tabungan Dujun dan uang dari penghasilan Yoyon cukup besar. Kedua orang tua itu pun akhirnya pergi ke KFC terdekat untuk membicarakan rencana ulang tahun anak semata wayang mereka.

"Cup, Emak punya kabar bagus buat Ucup," ujar Yoyon gembira sambil memasuki kamar Ucup.

Ucup yang tadinya tidur-tiduran dan memeluk guling Upin&Ipin kesayangannya, langsung duduk tegak. "Kenapa, Mak?"

"Karna Emak dan Babeh orang yang baik hati," Yoyon lalu mengeluarkan beberapa kartu undangan ulang tahun ala KFC yang ia sembunyikan di belakang tubuhnya. "Ucup bakal ngerayain ulang taun di tempat favorit Ucup!"

Wajah Ucup pun langsung berbinar-binar terharu dan loncat kegirangan. "Mak, serius, Mak?? Mak, Ucup lagi mimpi ya???"

"Tapi Ucup ga bisa ngundang temen banyak-banyak gapapa kan? Uang Babeh sama uang Emak cuma mampu buat segini banyak," kata Yoyon agak sedih.

"Gapapa, kok, Mak. Hore!!!!! Ulang taun Ucup bakal dirayain!!!!! Hore!!!!!!!!"

(5 Januari 2013)

Hari yang dinanti-nantikan telah tiba. Hari ini, Ucup bertambah umur satu tahun, tinggal masuk SD deh bentar lagi. Pagi-pagi sebelum Subuh, Dujun dan Yoyon masuk ke kamar Ucup untuk mengucapkan selamat ulang tahun. Setelah itu, mereka sholat Subuh berjamaah dan berdoa untuk kebaikan Ucup.

Dari malam sebelumnya, Ucup sudah sibuk mencari baju yang akan dipakai saat pesta ulang tahunnya nanti. Ia mengobrak-abrik lemari bajunya, berusaha mencari pakaian yang paling keren supaya teman-temannya nanti takjub melihatnya. Ucup gak minta baju baru, soalnya kasian Babeh, buat bayarin ulang tahun pasti mahal banget. Dengan bantuan Emak, akhirnya Ucup menemukan pakaian yang keren dan serasi bahkan dengan sepatunya, untuk dipakai ke pesta nanti.

"Happy birthday to you, happy birthday to you. Happy birthday, happy birthday, happy birthday to you!"

Ucup merasa senang bukan kepalang saat semua orang yang ada di pesta ulang tahunnya menyanyikan lagu tersebut untuknya. Mulai dari Xiumin sahabatnya, Cici Sohee, Bang Himchan, Bang Yongguk, Aa Daehyun, Bang Youngjae temennya Aa Daehyun, wah banyak deh. Dan tentunya, ada Ayu sang pujaan hati.

"Ucup, selamat ulang tahun, ya," ujar Ayu tersenyum sambil menyerahkan kado.

"M-m-makasih, A-Ayu, hehehehe,"

Setelah berbagai rangkaian acara, tiba saatnya untuk berdoa bersama. Setelah itu, ada lagi kejutan dari Emak dan Babeh. Selain memberi kado yang berupa pesta ulang tahun, ternyata Emak dan Babeh juga memberi kado berupa barang. Ucup (dibantu dengan Mimin) membuka kado tersebut dengan tidak sabar, dan ternyata isinya adalah mainan mobil-mobilan yang Ucup idam-idamkan saat mereka pergi ke mall beberapa bulan lalu. Ucup pun langsung memeluk kedua orangtuanya.

Sebelum pulang, KFC juga memberi bingkisan khas sebagai hadiah ulang tahun Ucup. Yang jelas, hari ini Ucup menang banyak deh. Kesenangan Ucup hari ini tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, alhasil Ucup cuma bisa senyum-senyum tanpa henti.

"Cup, etdah nyengir mulu, kering ntar itu gigi," kata Babeh meledek.

"Mentang-mentang nih ye, keinginannya udah dikabulin. Ini Emak ama Babeh sampe ikutan kerepotan juga bawain kado-kado lu," Yoyon menimpali.

"Hehehehehehe, Beh, Mak, makasiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiih banget! Ucup janji ga bakal bolos TPA lagi, rajin bantuin Emak bersihin rumah, gak males-malesan bantuin Babeh nyuci bajaj, gak molor mulu, pokoknya Ucup janji sejanji-janjinya!"

"Iye, iye, Cup, ntaran aja lu janjinya pas udah nyampe rumah yak. Sekarang Babeh gak konsen dengerin janji lu, pegel bawain nih barang,"

Keluarga kecil itu pun tertawa. "Emak denger kok, Cup. Ucup gak usah janji juga Emak tau kok Ucup bakal jadi anak yang lebih baik."

-fin-
Previous post Next post
Up