Review Kolam Renang di Jogja - bagi kamu yang takut air

Jul 01, 2016 02:46

Menyambung entry sebelumnya nih…

Biar blog-ku rada berguna dikit, aku unggah tulisan tentang kolam-kolam renang di kota Jogja. Masih terkait erat dengan belajar renang, tapi yang udah jago renang juga boleh baca kok. Bagi yang sedang belajar renang, apalagi belajar dengan guru, sekali-kali perlu juga berenang sendiri -alias tanpa guru, kalo sama temen juga boleh. Nah, sebelum berenang sendiri, perenang pemula perlu kolam renang yang cocok. Artinya, jangan sampai wujud dan kedalaman kolam renang membuatmu jiper duluan.

Aku jamin kedalaman kolam yang kuberi rate tinggi di sini pasti aman buat pemula. Kenapa? Karena aku pendek, hehehe. Selain kedalaman kolam, ada beberapa indikator lain ‘keramahan’ kolam renang bagi pemula yang takut air. Ini indikator-indikator versiku:
  • Kedalaman. Jelas lah. Kedalaman maksimal adalah jika kamu berdiri, permukaan air setinggi lehermu. Terlalu dangkal juga tak berguna sih. Kedalaman yang cukup bersahabat bagi si takut air adalah permukaan air setinggi dada sampai setinggi leher. Dalam kasusku 1 - 1,3m.
  • Jarak bibir kolam dengan permukaan air. Yang ideal adalah jaraknya nol. Bagi pemula yang berenang di pinggir tapi tetep panik, saat tangan merasakan bibir kolam adalah saat yang paling melegakan :)
  • Pijakan tegel di dinding kolam. Perlu buat kenyamanan beristirahat di dekat bibir kolam, juga buat melipir :D
  • Bar untuk pegangan di dinding kolam. Menurutku ini perlu banget ada di bagian kolam yang dalam. Kalau pingin celup-celup badan di kolam yang dalam atau untuk latihan menggerakkan kaki, bar ini sangat berguna.
  • Tangga. Nah, ini penting untuk membantu naik ke darat - khususnya bagi yang pantatnya berat menyangga beban hidup (hehehe) ditambah bobot air di baju renang.
Oh ya, entry ini bakal aku update lagi lain kali kalo ada informasi lagi.

Dan berikut ini beberapa kolam renang di Jogja yang pernah kucemplungi. Yang dapet bintang banyak berarti cocok buat pemula yang takut air :D
  1. Kolam Salsabiela - indoor
Bintang: *****
Aku paling sering berenang di sini. Sebetulnya ini kolam renang sekolah Budi Mulia. Jadi jangan heran kalau pada jam-jam sekolah kadang ada serbuan anak-anak sekolah plus suara peluit pelatihnya :D
Kolam Salsabiela adalah kolam indoor. Kolamnya kecil, mungkin hanya 10x20 m dengan kedalaman dari 0,5 m - 1,75 m. Termasuk dangkal, kan? Yang bikin kolam ini cucok buat pemula yang takut air adalah daerah yang dangkal (1 meter) cukup luas, hampir 1/3 dari luas kolam. Bagi pemula yang cukup tinggi, masih bisa belajar di kedalaman 1,2 m. Di bagian yang kedalamannya> 1 m, ada bar pegangan di dinding kolam dan tegel pijakan kaki di bawah. Aku yang mulai belajar mengenal kolam dalam (maksudnya yang lebih dari sebatas pundak, hehehe) sangat terbantu dengan bar dan pijakan itu. Karena lebar kolamnya kecil (sekitar 10 m), pemula bisa lebih pede. Berenang dari ujung ke ujung tanpa ambil nafas pun bisa :D
Toilet dan tempat bilas bersih. Di sini tempat bilasnya ada masing-masing 4 kamar di bagian putri dan putra. Jadi bebas lah mau mandi sambil kayang atau silat juga silakan, gak perlu malu ketahuan perenang lain :D Ada kantinnya juga di sini, menjual camilan dan minuman. Rasa makanannya sih yah, biasa aja. Tapi lumayan lah buat ganjel perut kalo kelaparan.
Lokasi: Jalan Seturan (silakan cari di google map)
Harga tiket: 6000 (anak-anak), 8000 (pelajar/mahasiswa), 12000 (umum)
Buka: 06.00 - 20.00
Jadwal:

  1. Kolam Depok Sports Center - indoor dan outdoor
Bintang: ***
Letaknya di Seturan, tak jauh dari kolam Salsabiela, gak sampai 1 km. Ada kolam outdoor (kolam dewasa, ukuran Olympic kalo gak salah, kedalaman 1 - 2,3 m) dan indoor (1 kolam anak, 1 kolam dewasa dengan kedalaman 1,2 - 2,3 m).
Terus terang, kolam ini agak mengintimidasi bagiku :D Di kolam indoor hanya ada 1 tangga. So, bagi aku yang lemah tangan dan berat bokong ini, tak ada pilihan lain untuk naik dari kolam selain lewat tangga. Di kolam outdoor pun hampir sama. Bentuk dasar kolam cekung, jadi bagian yang paling luas adalah yang paling dalam (2,3 m). Bagian yang ramah bagiku (1 m) hanya sempit di ujung-ujung. Bagi pemula yang takut air, puaskan diri kalian pada bagian sempit itu saja :D Saranku, jangan datang sendirian ke sini. Maksudku, kalau kamu tak sengaja berenang miring ke bagian yang dalam, repot juga kan kalo gak ada teman/guru yang siap menarikmu.
Toilet tersebar di beberapa sisi, dan bersih. Tempat bilas tidak individual, jadi bisa lirik/dilirik orang lain. Yah, kadang lirik-lirikan itu tak terhindarkan sih -_-
Lokasi: Jalan Seturan, selatan perempatan Selokan Mataram, belakang Superindo
Harga tiket: Dewasa 14.000 (Senin-Jumat), 17.000 (Sabtu - Minggu/hari libur)
Buka: 06.00 - 20.00

  1. Kolam Tirta Sari - indoor
Bintang: ***
Ini kolam renang tua, sodara-sodara! Ada 3 kolam di sini, yaitu 1 kolam dewasa dan 2 kolam anak-anak. Kolam dewasa dan 1 kolam anak ada atapnya, sedang kolam anak yang satunya lagi terbuka menatap langit. Kolam dewasa cukup besar, mungkin 20x40 m. Airnya dingin, sejuk. Kedalamannya 1 - 2,3 m. Disediakan ban penyelamat bagi yang hampir tenggelam. Tapi semoga kalian gak dilempar ban deh…
Menurutku, kolamnya aneh. Gimana gak aneh, dasarnya kayak gak rata gitu. Aku berdiri di bagian kedalaman 1 m di sisi selatan, airnya setinggi pundak… lalu aku menyeberang lurus ke sisi utara, airnya hampir kena dagu. Aneh, kan :D Bar logam buat pegangan ada di pinggir kolam, menghadap ke atas. Jadi bukan nempel di dinding yang kena air. Ini juga agak menyulitkan bagi pemula yang takut air.
Mengenai toilet dan tempat bilas, lumayan lah.
Lokasi: Jalan Kaliurang KM 9,3, belakang Indomaret
Harga tiket: 8000
Jam buka: 07.00 - 16.30 (kalo bulan Ramadan sampe jam 15.30)

  1. Kolam FIK UNY - outdoor
Bintang: **
Kolam ini milik Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Gak heran kalo jenis-jenis kolamnya lengkap. Ada kolam anak, kolam khusus 1 m, kolam besar ukuran Olympic, dan kolam buat loncat indah (kedalaman 7 m). Tapi apakah kolam ini cucok buat yang takut air? Gak juga ternyata. Terakhir kali aku ke sana (Februari 2016), kolam khusus yang dalamnya 1 m itu sedang bocor. Jadi airnya cuma setinggi perutku. Menghina nih, kataku dalam hati. Hahaha. Lalu aku pindah ke kolam besar, tentu saja di bagian dangkalnya, yaitu 1,2 m. Rame banget. Sepertinya selalu rame sih. Mungkin karena tiketnya murah dan udah terkenal. Tapi kalau menurutku sih, perawatannya kurang bagus. Tempat bilas dipake bareng-bareng. Kamar ganti banyak yang jebol pintunya.:(
Lokasi: Jl. Colombo 1, Samirono, di kompleks UNY lah
Harga tiket: 8000
Jam buka: 06.00 - 18.00

  1. Kolam renang Hotel Winotosastro -outdoor
Bintang: **
Bentuk kolamnya (outdoor) bulan sabit. Buat yang bosan berenang di kolam berbentuk kotak, bisa mencoba kolam ini. Bagian kolam yang terbesar dipakai buat kedalaman 3 m, dan bagian terkecil buat kedalaman 1 m *emot nangis* Good news: ada pijakan di dinding kolam pada seluruh kedalaman, pun kolamnya bersih.
Waktu aku berenang di sana, DJ di lantai atas nyetel lagu ajep-ajep. Mungkin karena itu malem minggu, jadi yang renang dikasih suasana kaya dugem. #sotoy
Aku kasih bintang dua karena airnya yang jernih, tapi kurang pas buat pemula yang takut air. Kalo udah agak berani sih bisa renang keliling sepanjang pinggir dan ngeliat ke bawah, lalu uwow betapa dalamnya aku musti minggir :D
Lokasi: Jalan Parangtritis
Harga tiket: 30.000
Jam buka: 07.00 - 20.00

  1. Kolam renang Tirta Sani -outdoor
Bintang: **
Bentuk kolamnya kayak angka delapan. Bagian yang dangkal (1 m) hampir separo kolam, jadi lumayan lah buat yang takut air. Sayangnya air kolam terlalu keras buat yang berkulit sensitive. Mungkin kebanyakan kaporit atau karena jarang dikuras. Soal jarang dikuras ini kata petugasnya sendiri lho. Ada jadwal kuras, tapi pengurasan tidak sampai kering dan ganti air seluruhnya. Kurasnya cuma sebagian. Gitu katanya. Anyway, tampang airnya sih cukup jernih. Tapi rasanya memang rada asin dan bikin perih mata.
Di samping kolam ada lapangan tenis, di lantai atas ada gym. Kadang ada bapak-bapak berpotongan satpam latihan kick boxing di dekat kolam. So, meskipun kolamnya biasanya sepi, tapi kadang bisa denger dan lihat orang-orang lain berolahraga. :D
Lokasi: Tirta Sani Residence (dari Mirota Godean lurus ke utara, mentok, lalu ikuti jalan ke kanan)
Harga tiket: 15.000
Buka jam: 07.00 - 18.00

  1. Kolam renang Hotel Sahid Rich -outdoor
Bintang: ***
Kolamnya rada-rada mirip kolam Salsabiela. Kedalaman kolam dewasa 1,1 - 1,7 m. Bagian yang dangkal hampir setengah bagian yang dalam. Tapi itu dikurangi jatah bagian kolam duduk. Hehehe. Ada bagian kolam yang seperti tangga, bisa buat duduk-duduk dalam air :D Ada kolam anak juga, gedenya kira-kira sepertiga kolam dewasa. Kolamnya nyaman sih, bersih. Yah, kolam hotel bintang 4 sih :)
Lokasi: Jalan Magelang, samping Jogja City Mall
Harga tiket: 30.000 (dapet pinjeman handuk dan air sirup)
Buka jam: 07.00 - 21.00

  1. Kolam renang Jogja Bay Water Park -outdoor
Kolam renang ini terdiri dari 2 kedalaman: 1 dan 1,5 m. Bentuknya free-form. Yang takut air juga bisa nyebur di bagian dalam, tapi pakai pelampung dulu. Hehehe. Terus terang aku kurang suka berenang di sini. Airnya agak ‘tajam’, mungkin kebanyakan kaporit (atau mungkin kotor karena ulah pengunjung?)
Soal toilet dan tempat bilas mah gak perlu dibahas lah. Top punya!
Lokasi: samping Stadion Maguwoharjo
Harga tiket: 90.000
Buka jam: 09.00 - 17.00 (Senin-Jumat), 08.00 - 17.00 (Sabtu-Minggu)

  1. Kolam renang Grand Puri Water Park - outdoor
Bintang: ***
Sebetulnya aku udah agak lupa rasanya nyemplung kola mini, hehehe. Seingatku kedalamannya 1 - 1,7 m, jadi ada bagian yang aman bagi yang takut air. Ada ban dan pelampung, tapi seingatku sih disewakan alias tidak gratis.
Lokasi: Gabusan, Jalan Parangtritis
Harga tiket: ?
Buka jam: 10.00 - 18.00

  1. Kolam renang Wisma Aji - outdoor
Bintang: *
Kolam renang ini agak sombong bagi yang takut air. Kedalamannya 1,4 - 1,6 m. Tidak ada tegel pijakan kaki dan bar pegangan di pinggir kolam. Tangga ada satu di bagian kolam yang dalam. Dan yang juga bikin aku mengkeret adalah bahwa kolam ini nempel ke dinding bangunan, so salah satu sisi kolam tidak ada bibirnya :o Bibirless kolam renang does bikin jiper, you know. Tapi kalau takut nyebur padahal sudah telanjur ke sana, gak perlu mati gaya juga sih. Masih ada Jacuzzi-jacuzzian di kolam anak. So, masih bisa duduk-duduk, mainan air, dan selfie. Setelah itu, masih bisa mandi air hangat di sana sambil minum welcome drink.
Lokasi: Jalan Ring Road
Harga tiket: 15.000
Buka jam: 06.00 - 18.00

  1. Kolam renang Hotel Matahari -outdoor
Bintang: **
Sebagai kolam renang hotel bintang 2, menurutku kolam ini termasuk so-so. Kedalamannya 1 - 3 m. Bagian kolam dangkal tidak terlalu besar, tapi kalo kolam sepi mah cukup gede lah buat renang bolak-balik. Tidak ada bar pegangan di pinggir kolam. Jarak antara permukaan air dengan bibir kolam sekitar 15 cm -lumayan jauh.
Kolam ini banyak dipakai belajar renang, jadi gak sepi-sepi amat lah walau bulan puasa juga. Setidaknya ini faktor yang menenangkan :)
Lokasi: Jalan Parangtritis
Harga tiket: 17.00
Buka jam: 07.00 - 21.00

  1. Kolam renang Hotel Arjuna - outdoor
Aku belum pernah nyoba renang di sini :D Tapi setidaknya udah pernah nengok sih. Kolamnya tidak besar, dalamnya 1,3 m. Bentuknya kotak biasa, tapi ada 3 tempat duduk di bagian timur. Buat apakah tempat duduk itu? Mungkin buat cakep-cakepan aja sih, hehehe.
Lokasi: Jalan Mangkubumi
Harga tiket: sekitar 50.000 - itu harga minimum order makanan di restorannya, supaya bisa berenang di situ
Buka jam: 06.00 - 19.00

13. Kolam renang Restoran Banyumili - outdoor
Kompleks kolam renang di sini kayaknya dikelilingi restoran. Bagi pemula yang pemalu banget, mungkin kolam begini bikin gak pede. Kalo aku sih santai aja, malah bisa sekalian lihat orang makan :D Ada dua kolam renang di restoran ini. Kolam yang kecil buat anak-anak, ada perosotan dan ember pengguyur pula. Kolam yang gede bentuknya melingkar mengelilingi taman. Jadi kita bisa berenang mengelilingi taman itu. Gak perlu was-was bakal tenggelam karena bagian kolam terdalam cuma sekitar 1,3 m :)
Lokasi: Jl. Godean Km 4,5, Desa Kwarasan
Buka jam 07.00 - 18.00
Harga tiket: 20.000 buat dewasa.

jogja, review, info, kolam renang, renang

Previous post Next post
Up